Anda disini
Home > Berita > 247 Daerah Buka Layanan Adminduk Selama Libur Lebaran

247 Daerah Buka Layanan Adminduk Selama Libur Lebaran

Jakarta – Setidaknya, 247 kabupaten/kota tetap setia melayani masyarakat selama libur lebaran Idul Fitri 1439 H untuk mengurus berbagai keperluan terkait dokumen kependudukan. Daerah tersebut tersebar di 32 provinsi dari 34 provinsi di seluruh Indonesia.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Ditjen Dukcapil Kemendagri terus memantau layanan Administrasi Kependudukan (Adminduk) di Dinas Dukcapil kabupaten/kota. Hal ini dilakukan untuk memastikan layanan Adminduk tetap berlangsung terutama kepada penduduk yang mudik atau pulang kampung saat Idul Fitri.

“Di Dukcapil daerah itu masuk di hari libur setengah hari. Jadi tolong para Pj. tetap memonitor dan memantau di daerah masing-masing. Laporan di daerah juga harus tetap disampaikan”, kata Prof. Zudan menjelang libur lebaran lalu.

Berdasarkan hasil pemantauan Ditjen Dukcapil, dari 514 kabupaten/kota terdapat 247 kabupaten/kota yang membuka layanan selama libur lebaran. Layanan ini umumnya dilakukan di Dinas Dukcapil pada pukul 08.00 pagi sampai siang hari.

Beberapa daerah juga membuka layanan di tempat-tempat keramaian seperti mal, lapangan, dan tempat-tempat lain yang banyak dikunjungi warga. Bahkan di Lampung Utara dan Kota Tangerang membuka layanan sambil ngabuburit menunggu waktu berbuka puasa.

Dari 32 provinsi yang buka layanan, ada 5 provinsi yang seluruh kabupaten/kotanya membuka layanan selama libur lebaran. Seperti DKI Jakarta (6 wilayah administratif), Jawa Barat (27 kabupaten/kota), Jawa Tengah (35 kabupaten/kota), DI Yogyakarta (5 kabupaten/kota), dan Bali (9 kabupaten/kota).

Sementara 2 provinsi yang tidak membuka layanan adalah Kalimantan Utara dan Papua Barat

Komentar Facebook
Top