Anda disini
Home > liputan media > Implementasi SPBE, Diskominfo Sinjai Bekali Pengetahuan Pengelola Website OPD

Implementasi SPBE, Diskominfo Sinjai Bekali Pengetahuan Pengelola Website OPD

Dinas Komunikasi Informatika (Diskominfo) dan Persandian Kabupaten Sinjai melalui bidang Aptika mengadakan pelatihan bagi pengelola website di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemkab Sinjai.

Pelatihan ini fokus pada penggunaan Secure Socket Layer (SSL) terhadap Website dan berlangsung di ruang Bidang Aptika Diskominfo dan Persandian Sinjai, Selasa (5/7).

Kadis Kominfo dan Persandian Sinjai, Tamzil Binawan mengatakan, pelatihan ini akan dilaksanakan selama empat hari hingga 8 Juli mendatang dan diikuti seluruh pengelola website OPD secara bergantian.

Tujuannya untuk memberikan pemahaman kepada pengelola website OPD bahwa penggunaan SSL sangat penting agar transfer data dalam website menjadi aman dan terenkripsi sehingga tidak mudah dibobol oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

“SSL adalah suatu komponen penting dalam website utamanya website pemda dengan harapan agar website pemda ini lebih aman, lebih security dan tidak mudah disusupi oleh hacker,” ungkapnya.

Menurut Tamzil, pelatihan ini juga merupakan tindak lanjut dari Badan Siber dan Sandi Negara untuk mengamankan website pemerintah. Kemudian sebagai bentuk dukungan dan implementasi penerapan Sistem Pemerintahan berbasis elektronik (SPBE) yang wajib dilaksanakan oleh pemerintah daerah.

“Diharapkan kedepannya, website yang ada di pemda ini lebih aman, datanya tidak mudah bobol dan bisa meningkatkan juga pengembangan sumber daya manusia (SDM), khususnya pengelola website yang ada di masing masing-masing OPD,” tutup mantan Kabag Organisasi Setdakab Sinjai ini. (Tim Website)

Sumber : https://www.sinjaikab.go.id

Komentar Facebook
Top