Anda disini
Home > Berita > Disdukcapil Sinjai Alihkan Pelayanan Via WhatsApp

Disdukcapil Sinjai Alihkan Pelayanan Via WhatsApp

SINJAI – Imbas merebaknya virus corona di berbagai daerah, pelayanan di Dinas kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sinjai mengalihkan pelayanan melalui apilkasi WhatsApp (WA).

Hal ini berdasarkan surat edaran Bupati Sinjai tentang pencegahan dan antisipasi penyebaran virus corona agar samenunda segala bentuk kegiatan dan pertemuan atau rapat yang melibatkan banyak orang.

Kepala Disdukcapil Sinjai, Drs. Akmal saat ditemui di Ruang Kerjanya, Selasa (24/3/20) mengatakan bahwa keputusan tersebut diambil untuk mengurangi kerumunan orang yang kerap terjadi saat pelayanan di Kantor Disdukcapil.

“Kebijakan untuk tidak melakukan layanan tatap muka langsung dengan masyarakat untuk meminimalkan interaksi dengan warga sebagai langkah memutus potensi penyebaran covid-19. Sebagai gantinya kami membuka layanan via online, termasuk layanan konsultasi dan penerbitan dokumen, tidak perlu datang ke kantor cukup menghubungi kami di layanan WA yang sudah kami siapkan, ” terang Akmal.

Akmal menjelaskan bahwa segala dokumen yang menjadi syarat dalam pengurusan berbagai dokumen yang disiapkan oleh Disdukcapil Sinjai cukup hanya dikirim melalui pesan WA.

“Jadi apa yang menjadi syarat dalam pengurusan dokumen, tinggal foto saja lalu kirim melalui WA, ” jelasnya.

Meski demikian pelayanan di Kantor Disdukcapil Sinjai tetap buka namun pihaknya membatasi dan menerapkan social distancing guna meminimalisir penularan virus corona.

“Meski kita sudah bila pelayanan melalui WA, namun ada juga masyarakat kita yang datang langsung ke Kantor dan tentunya kita tidak bisa menolaknya. Akan tetapi kita atur tempat duduk mereka agar tidak berdekatan dan wajib cuci tangan sebelu masuk ke ruang pelayanan, ” tambahnya.

Sementara itu, salah seorang warga Desa Kalobba Kecamatam Tellulimpoe, Munawwir Al’Marif memberi apresiasi dengan langkah yang diterapkan oleh Disdukcapil Sinjai.

“Bagus sekali ini Pak dengan pengaturan tempat duduk diberi jarak, itu berarti Pemerintah Sinjai betul-betul serius dalam mencegah masuknya virus corona di Sinjai, apalagi di Sinjai ini juga melakukan pemeriksaan pada setiap warga di setiap area perbatasan, ” ujarnya. (AaN Kominfo Sinjai)

Sumber : https://www.sinjaikab.go.id

Komentar Facebook
Top